Jumat, 22 Maret 2013

Apologia


…..
If you’re not the one then why does my soul feel glad today?
If you’re not the one then why does my hand fit yours this way?
If you are not mine then why does your heart return my call?
If you are not mine would I have the strength to stand at all?

I never know what the future brings
But I know you are here with me now
We will make it through
And I hope you are the one I share my life with
…..

“Ciye ciyeee ada yang lagi galau nih kayaknya” Kata Cipul, kakak gue.
“Enggak kok. Lagi kangen aja sama lagu If You’re Not The One dari Daniel Bedingfield, Pul.” Jawab gue datar.
“Udahlah, gak usah ngelak Lan. Kok tadi isi tweet lo gitu amad sih, galau abis tau gak mellow semua gitu? Lagi ada masalah apa? Sharing dong.” Minta Cipul ngotot.
“Ah, masa sih? Salah orang kali lo. Gue kemaren sibuk belajar coy buat UAS. Oya, tuh tadi ada berita di infotainment. Kan semalem lo gak nonton X Factor Indonesia sampe abis.” Jawab gue buat ngalihin pembicaraan.
“Wah, masa sih? Semalem gue gak liat Mikha lagi. Oya, nih hape lo ada sms Lan” Kata Cipul.
“Serius? Kok tumben ya ada sms masuk. Emang dari siapa?” Tanya gue semangat 45.
“ Dari TELKOMSEL. Muahahahaha”
“Ah, kambing lo -_____-“ 

“Kayaknya, Cipul bener nih. Gue lagi kena gejala-gelaja galau. Tapi, sebodoh ini kah gue?” Gumam gue di dalam hati.

Gak cuma di sinetron-sinetron aja yang bisa galau, tapi penyakit ini resmi menjangkiti kehidupan gue. Sekali lagi, sekarang gue lagi GALAU. Diantara hitam dan putih, antara ada dan tiada, semuanya berasa PHP.
Waktu ngumpul futsalan sama temen-temen, gue galau. Hape gue sepi. Pas gue ngegolin, gue galau. Gak ada yang sms atau bahkan bbm ke gue,”Selamat ya sayang :*”. Yang ada malah pesan broadcast gak jelas. Klimaksnya kemarin ini waktu gue lagi ngadepin UAS. Si dia masih juga gak ngasih kabar. Padahal itukan masuk kriteria dalam kelulusan nanti. #emotsedih

Gue cuma butuh kabar doang kok dari dia. Gue tau kalo kita lagi njalanin yang namanya Long Distance Relationship. Dia lagi apa? Gue gak tau. Dia lagi sama siapa? Gue gak tau. Dia baik-baik aja? Gue juga gak tau. Yang gue tau, dia selalu mendramatisir keadaan dengan ndengerin lagu cengeng di hapenya, nulis status yang ujung-ujungnya mojokin gue. Hellow, gue ini pacar elo bukan pemain figuran di dalam kehidupan lo. Gue butuh komitment sama kabar doang, enggak lebih.

Apa gue sebegitu labilnya karena gue masih SMA, dia uda kuliah? Atau karena gue anak IPA dia anak IPS? Atau gue ini hamba sahaya, nah dia…..? Ah. Kita ini sekarang lagi ngadepin masalah, bukan gini caranya geh. Masalah itu buat diadepin bukan buat ditangisin. 

Selama dia marah ke gue, sejauh ini gue cuma diem. Diem dan selalu diem. Gue gak mau marah di depannya, gue cuma pingin nahan emosi doang biar gak ada jarak diantara kita. Soalnya, kalo gue uda marah, Agung Hercules bisa lewat kali. Tapi ujung-ujungnya, gue yang diomelin. “Ih kamu ini kok GAK PEKA sangat sih” Dan itu gue tau lewat status di twitternya doang. Gue Salah. 

Terus ada suatu moment dimana gue kehabisan bahan bakar kaum LDR, apalagi kalo bukan pulsa. Terpaksa gue kabarin ke dia kalo paket bbm gue bakal habis hari ini. PING!! PING!! PING!! Biar dia ngeread pesan berharga  ini. Hasilnya, pesan gue cuma dibaca doang, tanpa ada balasan. Terus gue buka timelinenya kalo dia minta telpon. Astaga…

Gak pake mikir, gue langsung beli pulsa 5 ribu buat dengerin suara dia doang. Entah gue diomelin nantinya, gue bakal terima. Yang penting gue bisa tau kabarnya dia gimana. Lima belas menit bersilam, gue ijin sama temen-temen yang lagi futsalan buat cabut duluan. Gue cari kontak hapenya, langsung gue tekan tombol calling to Tabarruj. Sekali, dua kali, tiga kali, empat kali,…… gue cuma bisa denger “ Nomor yang Anda tuju sedang sibuk, mohon tunggu beberapa saat lagi.” Gituuu terus sampe 10 kali, kuping gue sampe panas tuh. (Enter a Personal Message -> Hopeless.) 

 Gue coba ngereview ulang, kenapa kok dia kayak gini? Mungkin dia lagi get period atau mungkin dia lagi banyak tugas. Dan akhirnya gue inget, kalo terakhir dia kirim pesan nanyain tentang user di facebook yang ngirim pesan ke gue. Gue uda jelasin kalo dia itu adek kelas yang ngasih semangat buat UAS besok. Tapi, selayaknya orang yang uda diblacklist, otomatis gue salah. Aaaaah..

Gue bingung harus berbuat apa? Gue gak tau dia disana gimana? Gue uda bbm ke temennya disana biar jagain dia disana. Tapi apa coba balesannya? “Hello, gue ini bukan satpamnya. Lagian dia juga kan uda kuliah sih, ngapain harus dijagain. Lebay amat lu” Katanya. Kambing.

Plato pernah membuat Apologia (Pembelaan) yang ia buat untuk membela gurunya Aristoteles pada saat itu. Disini, gue juga pingin buat pembelaan terhadap diri gue sendiri tanpa bantuan orang lain. Otak gue uda penuh sama ide-ide yang sedang gue cerna agar menjadi bahasa yang lebih halus nantinya.

Pertama-tama, mengenai Kepekaan. Kalo iya gue ini enggak peka sama orang yang gue sayang, gue gak bakal rela ngehabisin waktu berjam-jam, berhari-hari buat mikirin dia. Gue gak bakal lama-lama bukain timelinenya biar tau apa yang dia lakuin dan rasain. 

Dia bilang, “Kok gak telpon sih? Gak peka sangat.” Plis, jangan ngilang-ngilangin kehadiran gue. Gue uda telpon lo berulang kali biar bisa denger suara lo sama dan ngasih penjelasan yang berarti ini. Apa dia gak tau sakitnya diilangin gitu. Hina sekali.

Yang pasti, gue bisa ngerti kalo dia cuma pingin dimengerti tanpa bisa ngertiin orang yang dia bilang pacarnya sekalipun. Egois ya namanya? Iya. Mungkin dia lupa kalo gue uda cross heart  sebagai komitment pacaran jarak jauh ini. Mungkin dia juga gak sadar kenapa gue mau ngasih password sosmed ke dia tanpa alasan berharga. Mungkin dan mungkin. 

Sekarang, hidup gue bukan tentang hitam diatas putih lagi layaknya teori probabilitas. Karena hari ini, gue buka relationship di facebook uda gak ada lagi namanya. Gue juga uda gak bisa buka lagi profilenya. Etah bakal apa lagi yang terjadi.Ini yang gue dapet dari yang namanya komitment TAIK.

Besar harapan gue buat bisa nyusul dia di plat AB sana, tapi gue sadar pendidikan gue lebih penting dari pada akting yang mendramatisirnya itu. Yang jelas, jangan menunggu bila tak bisa tunggu untuk dapat jawaban karena hati ini tak bisa dipaksaaa..aaaa..aaaa. Cinta butuh waktu.

Hari ini gue uda buat keputusan gilaa, katanya. Gue mau sibuk sama kesenangan pribadi bersama soal UN, fun futsal, tetep setia nulis status FC.Barcelona, nonton film, ya gitu deh. Gue lagi pingin mundur selangkah untuk maju dua langkah. 

Sekian, salam galau dari gue. Ulalallaaaa (\~v~/)




                                                                                                                                 

1 komentar: